Disadari atau tidak, setiap pebisnis terutama bagi usaha mikro perlu mengetahui tentang tips meningkatkan kepuasan pelanggan UMKM. Karena tips tersebut akan sangat berperan dalam meningkatkan perkembangan usaha khususnya bagi usaha kecil. Berikut ini adalah penjelasannya.
Kepuasan Pelanggan Penting Bagi UMKM
Setiap bisnis atau usaha, terlepas dari apapun jenis usahanya sangat penting untuk mengutamakan kepuasan pelanggan. Pelanggan merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha atau bisnis tersebut.
Pelanggan berperan sebagai konsumen yang menikmati atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga kepuasan pelanggan sebagai konsumen sangat penting untuk diperhatikan.
Setiap pebisnis tentu memiliki strategi dan kriteria tersendiri dalam meningkatkan usaha yang dijalankan. Namun tetap saja bahwa hal yang sangat penting untuk dipikirkan adalah mengenai kepuasan pelanggan.
Penting rasanya memahami dengan baik apa sajakah yang termasuk kedalam tips meningkatkan kepuasan pelanggan UMKM. Tujuannya tentu adalah agar setiap pebisnis terutama yang masih berskala kecil bisa mengetahui strategi dalam meningkatkan bisnis yang dijalankan tersebut, mengingat persaingan dalam bisnis sangatlah ketat.
Baca Juga: Indikator Loyalitas Pelanggan yang Wajib Anda Ketahui!
Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Bagi UMKM
Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa bisa saja setiap pebisnis memang memiliki trik tersendiri agar tetap mampu bersaing dengan kompetitor dalam dunia bisnis. Hanya saja, jika dalam hal ini yang diprioritaskan adalah kepuasan pelanggan maka pengusaha UMKM perlu mengetahui tentang apa saja tips yang bisa diterapkan untuk menciptakan kepuasan pelanggan.
1. Kualitas
Hal utama yang perlu diperhatikan agar konsumen puas adalah memperhatikan kualitas. Usahakan produk yang dijual memiliki kualitas yang terjamin. Baik itu dari segi bahan, cara mengolah hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. Pertahankan kualitas yang ada agar pelanggan tetap setiap pada produk maupun bisnis anda tersebut.
2. Kemasan
Kemasan juga penting untuk diperhatikan. Hal ini karena sebelum membeli suatu produk, pastinya yang pertama kali dilihat adalah kemasan atau packagingnya.
Buatkan packaging produk yang menarik. Baik dari segi kualitas material bahan kemasan, hingga design tampilannya. Kemasan produk yang menarik akan terlihat lebih berkualitas dan memiliki magnet tersendiri bagi konsumen.
3. Pelayanan
Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan untuk menciptakan kepuasan pelanggan adalah pelayanan. Sebagus apapun kualitas produk yang dijual, semenarik apapun promosi yang dilakukan namun jika tidak diimbangi dengan pelayanan yang baik tentu akan menjadi nilai minus.
Berikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Ciptakan kesan yang nyaman, interaktif dan komunikatif agar pelanggan merasa diprioritaskan kepuasannya. Anda juga bisa menciptakan loyalty program untuk memaksimalkan kualitas pelayanan Anda.
4. Lokasi
Lokasi juga menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan puas atau tidak terhadap suatu bisnis. Produk yang berkualitas, kemasan yang menarik serta promosi yang bagus tidak akan mendapatkan respon yang baik jika lokasi bisnis anda kurang strategis.
Ketika membuka suatu bisnis, pastikan anda memiliki lokasi usaha yang mudah ditemukan dan juga akses jalan yang mudah. Tujuannya adalah memudahkan pelanggan untuk mengunjungi lokasi bisnis anda tersebut.
Dengan menerapkan keempat tips meningkatkan kepuasan pelanggan UMKM diatas, maka sedikit banyak akan membantu dalam menciptakan kepuasan pelanggan sehingga bisnis anda dapat lebih mudah dalam memenuhi target yang diinginkan.
artikel news sharing sharing medium
Last modified: April 25, 2023